Pengalaman Interview PT. Indonesia Villa Jaya – Batam



Ini cerita udah lama banget, ibarat nasi udah basi kali ya ! tapi gapapalah mana tau kan ada yang butuh referensi atau sekedar cerita basi.

Jadi pengalaman Interview di PT. Indonesia Villa Jaya ini mungkin saya peroleh awal tahun 2018 kali ya, udah lupa kapan dapetnya soalnya udah lama banget bang !

Jadi intinya saya tu emang males banget dah buat ngelamar offline, selain ngabisin duit sama bensin, bikin badan pegel sama sakit tulang belakang. Jadi awal mula dipanggil sama PT. Indonesia Villa Jaya ini karena saya pernah apply lowongan di Jobstreet.com

Oh ya ! sebelumnya PT. Indonesia Villa Jaya ini biasa kita panggil Kek Pisang Villa, Cuma ternyata mereka juga punya pabrik yang lumayan gedek di kawasan Batam Center, Batam.

Oke lanjut lagi kita, jadi saya lupa tepatnya hari apa, pokoknya saya apply lamaran lewat akun Jobstreet untuk Kek Pisang Villa ini udah semingguan gitulah, trus saya lihat – lihat lagi tu notif, eh ternyata profil saya dilirik buat ngisi lowongan Admin Analyze Marchendise.

Waktu terus berlalu, detik menit kini telah berganti jam ya teman – teman, akhirnya beberapa hari kemudian saya dapet panggilan telphone dari kek pisang Villa buat panggilan interview tersebut, saya lupa siapa nama HRD-Nya yang jelas cewek dan dia masih seumuran saya.

Jadi cerita punya cerita saya datenglah tu ke daerah PT. Indonesia Villa Jaya, berbekal kemampuan google maps dan modal tampang apa adanya, pagi – pagi saya melenggang kesana bersama motor saya yang tak seberapa.

Saya mutusin pergi pagi – pagi karena memang biasanya kalau udah agak siang banyak polisi, adek takut kenak tilang apalagi kan kondisi dompet isinya Cuma ktp sama bon utang. Tapi apa yang diperkirakan tak sesuai kenyataan, saya tersesat dan tak tentu arah ! jadi google maps yang saya gunakan sebagai pinjakan keberanian, ternyata HAPE SAYA MATI ! ya alloh, sedih kali lah waktu itu, kalau kalian liat beraer mata kalian.

Tapi alhamdulillah tuhan berkehendak lain, ternyata berbekal tanya sana tanya sini, saya sampek juga di lokasi interview tersebut, tempatnya memang di kawasan industri, tapi masuknya itu bro, dalem kali lo. Lebih dalam dari lautan hati wanita.

Setelah tanya sana tanya sini, saya akhirnya sampai juga dengan mukak berantakan dan parahnya lagi saat itu hujan, oke sudahlahya nanti saya sedih lagi kalau ingat – ingat waktu itu, jadi selanjutnya saya masuk ke dalam pt yang bisa dibilang lumayan gedek. Sebelum masuk saya bertanya dulu sama pak sekuriti perihal kedatangan saya untuk melamar anaknya* eh bukan ding, mau interview maksudnya.

Dengan wajah yang masih sangat muda, pak sekuriti Cuma tersenyum manis dan meminta saya untuk menyerahkan KTP dan sebagai gantinya saya dikasi tanda pengenal masuk.

Done ! lalu masuklan saya dengan tampang yang sungguh berantakan, dan ternyata disitu ada banyak adek – adek yang umurnya dibawah saya yang lagi sibuk untuk tes posisi pramugara dan penjaga  toko dan lain – lain lah pokoknya. Didalam saya langsung confirm ke pihak resepsionis sambil bilang kalau saya ni dapat undangan interview dari jalur jobstreet, trus jawab sang resepsionis klise seperti biasa, saya disuruh tunggu.

Celingak – celinguk, lihat sana, lihat sini ! akhirnya dateng mbak – mbak HRD yang bikin adem hati, cantiknya masyaallah kayak cewek – cewek arabian night. Mbak – mbak arabian night ini lalu menghampiri saya, kita disuruh ikut tes tertulis dulu dan mengisi beberapa form lamaran.

Nah ! buat kamu yang penasaran seperti apa bentuk tes tertulisnya.

Tes tertulisnya banyak banget mas bro, sampek sakit kepala saya dibikin dia ! dari soal bahasa inggris, matematika, trus tes kecerdasaan logika dan apalagi itu lupa saya. Pokoknya soalnya lumayan banyak, tapi dasar – dasar pelajaran pas sekolah dulu.

Karena emang dari awal saya gak ada prepare buat belajar apa – apa, saya cukup bersyukur karena masih ada kancing baju dan tuhan sebagai tempat mengadu kebodohna diri. Lalu tes yang diberi waktu selama 90 menit itupun berlalu sebagaimana biasanya, dan setelah itu saya masuk tahap interview sama mbak – mbak arabian night.

Tahap interview wawancara ini dilakukan di lantai 2 pabrik kek pisang villa dan kita disuruh naik tangga, sambil mengikuti sang mbak – mbak arabian night, saya dihantarkan ke lokasi interview tersebut yang bisa dibilang seperti tempat para staff – staff berkumpul, apasih namanya itu ? meeting room ya ? pokoknya itulah.

Belum sempat saya menarik nafas akibat kelelahan naik tangga, mbak langsung mengajukan pertanyaan yang biasa aja sih,, Cuma karena emang saya barusan capek, entah kenapa saya nervousnya mintak ampun, tubuh saya bagai terkena gempa, padahal itu kagak ada gempa sama sekali, tapi alhamdulillah saya bisa mengontrol emosi dan terlihat tetap tenang.

Pertanyaan interview dari mbak – mbak arabian night terkesan biasa aja, masih terkait pengalaman kerja, kegiatan sehari – hari dan hal – hal yang berhubungan dengan CV saya yang pernah di published di Jobstreet.com dan seberapa dalam pengetahuan kita tentang Kek Pisang Villa, tapi saya membuat kesalahan yang sangat fatal. Kasi tak gak ya ? dikit ajadeh, saya terlihat sangat congkak waktu itu ! gak tau apa penyebabnya, namun entah karena emang dia seumuran sama saya, atau karena apalah jadi saya keliatan gitulaa, ngertilah ya ?

Nah ! merasa interview tak berjalan lancar , jadi saya sudah benar – benar hopeless. Dan kamu udah taulah ya hasinya gimana,

Jadi demikianlah pengalaman interview yang cukup mengesankan tersebut, semoga bermanfaat and see you arround @

Comments

Popular Posts